Sunday 14 January 2018

ALAT COFFEE FRENCH PRESS


Halo guys yukkk kenalan sama alat coffee french press banyak orang belum mengetahui apa itu French Press, sekalipun mereka adalah penggemar kopi.
French Press adalah suatu alat yang dapat menghilangkan ampas kopi dengan teknik penekanan melalui tutupnya. Jadi, dengan menggunakan alat ini kita dapat menikmati kopi tanpa gangguan ampas sama sekali (sama tanpa gangguan mantan ).
Ada beberapa faktor yang membuat penikmat kopi kesengsem(naksir) dengan metode seduh press.
Sederhana
Inilah metode seduh dengan cara paling sederhana ke-2 setelah metode tubruk. Cukup melalui 3 tahapan utama: siram, tekan dan tuang ke cangkir anda.
Murah
Dengan harga termurah dibawah Rp 50 ribu anda bisa memiliki alat seduh ini. Banyak istilah dan nama untuk menyebut alat ini, antara lain french-press, press pot dan coffee plunger.
Jujur
Jika anda ingin mengetahui karakter asli dari kopi yang anda miliki, cobalah metode press selain metode tubruk. Karena kedua metode inilah yang menghasilkan citarasa yang jujur dari kopi anda.
Langkah penyajian kopi dengan french press
1. Hangatkan
Seperti halnya mesin lainnya, french press akan lebih optimal jika dihangatkan terlebih dahulu. Tuang air kedalam french press, bukan di rendam dalam hati mantan :0  ya #plakkkk.

2. Siapkan bubuk kopi giling kasar
Giling kopi dengan setingan kasar. Tujuannya selain meminimalkan partikel pahit pada biji kopi ya bukan pahitnya masa lalu :D,  juga meminimalkan sedimen kopi yang akan ikut tertuang ke cangkir anda. Untuk french press cukup dengan 10-16 gr.
3. Panaskan Air
Panaskan air sebanyak 200 ml dengan suhu 90-95 derajat atau jika tidak memiliki termometer, air didiamkan selama 1 menit setelah mendidih. 
4. Tahap Blooming
Masukkan bubuk kopi ke dalam french-press, tuang sebagian kecil air panas untuk membasahi bubuk kopi (pastikan merata) dan diamkan 30-45 detik . Pada proses ini kopi melepaskan gas karbon penghasil rasa pahit dan aroma kopi akan lebih semerbak tercium kayak doi ke elu :D.
Tahap Blooming
5. Tahap Ekstraksi
Setelah 30 detik, masukkan sisa air panas ke dalam French Press, tutup dan biarkan selama 3,5 – 4 menit. Aromanya semakin kuat, dan ekstraksi pun dimulai.

6. Tekan dan Tuang
Setelah 4 menit, French Press siap di press secara perlahan, agar ampas kopi terdorong ke dasar French Press, memisahkan antara ampas dan air kopi bukan pisahkan mantan elu sama pacar dia yang baru ya #plakkk.

7. Siap dihidangkan
Bagaimana? mudah bukan?
Satu unit french press ini dihargai sekitar Rp.50.000 hingga Rp. 85.000 saja. Biasanya harga bergantung pada ukuran french press dan tentunya merk. French Press dengan ukuran yang ada di gambar bisa dimiliki dengan merogoh kocek Rp. 61.000 saja. Cukup murah untuk investasi kopi nikmat di rumah.

Selamat mencoba dan MATUR SUWUN :)

ALAT COFFEE FRENCH PRESS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment

8 TIPS UNTUK MINIPRESSO PERFECT

Halo guys ketemu gua lagi kali ini #ala yotuber gua kali ini akan ngasih tips-tips membuat espresso pakai MINIPRESSO   kali ini gua akan ka...

loading...