Friday 12 January 2018

Alat Kopi Vietnam Drip

          Membuat Kopi Dengan Vietnam Drip
                                                                   

                                                                                    
Halo guys kembali lagi bercerita tentang coffee , berikut saya share cara membuat kopi dengan vietnam drip. Versi yang saya share ini mungkin sederhana dan mungkin buat yang ahli ada beberapa step yang terlewatkan. Namun demikian hasil yang didapat pada saat saya seduh ini hasilnya cukup mantap. Kopi yg dipake adl kopi Bali + Aceh dari roaster kafana bandung. Diseduh dengan perbandingan kopi: air 10gr : 150 gr air. waktu ekstraksi yang dibutuhkan sekitar 3 menit.

1. Peralatan dan bahan yang disarankan:
§  Biji kopi segar
§  Alat dripper (Vietnam Drip)
§  Timbangan digital
§  Grider
§  Teko
2. Timbang kopi sebanyak 15gr (2 sedok makan)

3. Giling dengan kekasaran medium. Nah tingkat kekasaran ini sangat mempengaruhi waktu penyeduhan, memang sedikit tricky dan butuh pengalaman tentang di level mana kekasaran yang kita inginkan.

4. Masukkan kopi yg udah digiling ke alat vietnam drip, goyang2 untuk membuat permukaan kopi rata, masukkan juga tutup pertamanya/saringan di atas kopi gausah sampe kena/ menekan kopi.



5. tuang air (90 C) ke alat viet drip. Seperti metode2 lain, awali dengan menuangkan air sedikit dan tunggu 30 detik sebelum kita menuangkan air seluruh nya. Proses ini disebut pre infusion cmiiw  Karena kita bikin dengan perbandingan kopi:air 1/15 maka air yang dibutuhkan untuk menyeduh 15 gr kopi tadi adalah 225 gr air. Tuangkan air sampai timbangan menunjukkan 225gr.



6. Tunggu sampai air kopi turun (sisakan dikit, jangan sampe tetes terakhir, karena tetesan2 terakhir itu rasanya aga mengganggu). Eits sebelum sruput kocek dulu dikit biar merata, karena rasa di bawah dan rasa di bagian atas kopi beda rasanya. Udah sok sekarang silakan sruput, pastikan air kopi menyentuh seluruh bagian lidah dan rasakan sensasi rasa2 unik dari cikopi drip dengan vietnam drip.

Alat Kopi Vietnam Drip Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment

8 TIPS UNTUK MINIPRESSO PERFECT

Halo guys ketemu gua lagi kali ini #ala yotuber gua kali ini akan ngasih tips-tips membuat espresso pakai MINIPRESSO   kali ini gua akan ka...

loading...